Minggu, 30 September 2012

DAMPAK SINETRON TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK


            Sinetron akhir – akhir ini sering menghiasi televisi kita. Hampir semua stasiun televisi , berlomba untuk memproduksi sinetron. Tingkat persaingan antar stasiun televisi pun semakin ketat. Semua orang belomba - lomba menikmati serunya sinetron termasuk anak - anak. Faktor yang mendorong lakunya permintaan terhadap tayangan sinetron diantaranya adalah daya tarik cerita dan tokoh cerita yang di gemari. Jam tayang sinetron yang terlalu padat dan isi cerita yang terlalu berlebihan, mengakibat kan dampak yang buruk bagi masyarakat terutama anak-anak yang masih mengalami pendewasaan dalam diri mereka. Anak akan meniru karakteristik tokoh – tokoh yang terlibat dalam tayangan sinetron. Anak meniru kata-kata dalam sinetron karena senang dengan gaya tokoh yang ada dalam sinetron dan memendam persaan amarah. Dan anak sangat kesal apabila anak saat anak sedang menonton tv apalagi saat menonton sinetron. Dampak sinetron bagi anak adalah :


1.    Kekerasan terhadap anak
2.    Penelantaran keluarga
3.    Keserakahan
4.    Gaya hidup seenak nya


     Dampak bagi anak yang gemar menonton sinetron adalah sering mengucapkan kata – kata yang ada pada sinetron, serta anak meniru perilaku tokoh dalam sinetron pada saat di luar rumah bermain bersama temannya. Waktu belajar anak semakin sedikit karena anak ingin cepat menonton sinetron. Cerita sinetron yang sering kita lihat, banyak mengandung unsure kekerasan, serta unsur pornografi sehingga membuat perilaku anak berubah dan mengikuti artis idola di sinetron tersebut. Banyak acara sinetron yang beralur cerita kurang baik, seperti kata kata kasar, mode pakaian yang tidak sopan, serta kisah percintaan yang berlebihan. Walaupun mempunyai dampak buruk, tetapi acara sinetron masih saja tetap tayang, bahkan semakin marak di televisi. Sinetron yang berkembang di televisi indonesia tidak membangun perkembangan pada anak.

  Maka dari itu, anak diharapkan dapat memilih acara televisi yang berhubungan dengan pendidikan serta anak juga dapat memilih tontonan yang jauh lebih ke arah yang positif , dengan memilih acara yang lebih bermutu, sehingga anak dapat mengurangi perilaku buruk pada sinetron atau dampak sinetron. 

3 komentar:

  1. tak semua sikap dan perilaku anak" adalah kesalahan atau dampak dari sinetron,

    BalasHapus
  2. memang tdk semua akan tetapi tanpa kita sadari banyak kata" dan prilaku yang tidak sewajarnya di perlihatkan. dan bukan hanya orang dewasa saja yang menonton tapi anak" pun banyak yang menonton.

    BalasHapus
  3. Betul alangkh baiknya kalo anak anak diberi totonan yg seimbang degan pola pikir mereka jagan paksakan untuk mgtahui hal hal yg negatif contoh kecil perkelahian bnyak hmpir 95% anak mempraktekkanya dskolahan...
    Sya lbh suka anak saya nonton kartun yg penuh pertanyaan dan mghibur bsa bikin ketawa..

    BalasHapus